Kiat Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula

 

Kiat Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula









Setiap orang mempunyai keahliannya masing-masing. Ada yang ahli di bidang memasak, menjahit, kerajinan tangan, merancang busana, medesain ruangan, berbicara dengan orang lain dan lain sebagainya.

Setiap keahlian yang kita miliki tanpa kita sadari sebenarnya bisa membuka peluang usaha kita untuk menambah penghasilan kita untuk membantu agar dapur bisa tetap mengebul. Namun, hal tersebut membutuhkan keseriusan dari diri kita untuk menekuni bidang-bidang yang kita kuasai. Cobalah temukan kiat-kiat usaha atas kemampuan yang kita miliki.

Banyak sekali literatur-literatur atau bacaan-bacaan yang membahas tentang kiat-kiat usaha agar menjadi sukses. Namun, untuk memulai usaha harus diawali dengan keyakinan. Dengan mempunyai keyakinan maka secara otomatis kita akan terus berusaha untuk mengembangkan usaha kita agar lebih maju lagi.

Hal yang paling penting yang harus dipunyai adalah jangan takut untuk selalu mencoba. Ketika kita memulai usaha jenis apa pun maka kita tidak tahu apakah usaha tersebut akan berhasil atau malah menemui kegagalan. Oleh karena itu, jangan pernah takut untuk mencoba adalah kunci utama, pelajari apa penyebab kegagalan yang lalu. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuka usaha yaitu sebagai berikut.

  1. Lokasi

Menentukan lokasi dinilai susah-susah gampang. Terkadang daerah yang ramai dan strategis belum tentu akan menjadikan tempat tersebut lahan subur untuk mendapatkan rejeki. mungkin karena terlalu ramai seperti jalan raya, menyebabkan orang malas untuk berhenti ketika sedang dalam perjalanan.

Pemilihan lokasi pun harus sesuai dengan jenis usaha yang akan kita lakukan. Seperti ketika kita ingin berjualan sayuran, maka pasar tradisional merupakan lahan yang tepat untuk berjualan, walaupun terkadang terdapat alternative lain, yakni pedagang sayur keliling yang menjajakkan dagangannya dari rumah ke rumah.



2. Informasi



Informasi yang dimaksud di sini adalah informasi atas jenis usaha apa yang ingin kita lakukan. Pencarian informasi atas jenis usaha yang ingin kita lakukan ini harus terus kita lakukan untuk menjadikan usaha kita lebih baik lagi dan tidak ketinggalan zaman.

Contohnya jika kita memilih usaha toko kue, maka kita harus senantiasa mencari informasi segala sesuatu yang berhubungan dengan kue, baik itu dari segi bahan-bahan dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, variasi rasa baru yang ada, bentuk unik dan lucu, maupun harga guna menarik para pelanggan agar tidak bosan untuk berkunjung.



3. Modal



Seringkali ketika seseorang membuka usaha akan berbenturan dengan hal yang satu ini, yakni modal. Hal ini bisa diatasi dengan berbagai cara yang dapat kita lakukan antara lain adalah mengajak kerjasama beberapa kerabat untuk membuka usaha dengan perjanjian bagi hasil saat mendapatkan keuntungan.

Selain itu, kita juga bisa meminjam modal dari orang-orang terdekat dengan bermodalkan tanggung jawab dan kepercayaan, atau meminjam kepada lembaga-lembaga keuangan seperti bank, koperasi atau lembaga keuangan lain dengan mengajukan proposal yang lengkap tentang jenis usaha yang akan dijalani nantinya.



4. Teknis



Hal teknis sebenarnya dilakukan sesuai dengan seberapa besar jenis usaha yang kita lakukan. Semakin besar jenis usaha yang kita lakukan maka, akan semakin besar pula hal-hal teknis yang harus diatur. Hal-hal teknis yang dimaksud antara lain:

a.    pemisahan modal dengan uang pribadi, begitu juga dengan keuntungan yang harus dipisahkan;

b.    pengolahan SDM dan karyawan yang dibutuhkan. Kita harus mengetahui berapa banyak  karyawan  yang kita butuhkan sesuai dengan kemampuan yang dia punyai;

c.    perizinan untuk membuka usaha agar nantinya tidak terlibat masalah hukum yang lebih jauh lagi.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama